Saturday, April 20, 2013

Interaksi Manusia dan Teknologi

Judul : “Pengaruh Telepon Seluler Terhadap Kehidupan Remaja”.



DISUSUN OLEH :

Erick Fernandes Siagian
(111402099)



Program Studi S-1 Teknologi Informasi
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Sumatera Utara
2013



Kata Pengantar

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, penulis bisa menyusun dan menyelesaikan karya ilmiah ini sebagai salah satu tugas mata kuliah pengantar psikologi.

Pada karya ilmiah ini penulis akan membahas tentang “Pengaruh Telepon Seluler Terhadap Kehidupan Remaja”. Tidak dipungkiri lagi bahwasanya akibat dari perkembangan teknologi yang semakin pesat.

 Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Fillia Dina Anggaraeni selaku dosen mata kuliah Pengantar Psikologi yang telah memberikan bimbingannya kepada penulis dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah bekerjasama.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran guna menyempurnakan karya ilmiah ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun karya ilmiah atau tugas-tugas selanjutnya.

Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan karya ilmiah ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis.

Medan, 20 April 2013


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian
1.5 Definisi Operasional Variabel
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian telepon seluler
2.2 Perkembangan telepon seluler
BAB V : PENUTUP
5.1 Simpulan
5.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

       Suatu titik terang yang bermula pada suatu kesederhanaan pada kehidupan manusia, telah menjadi suatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan bernama TEKNOLOGI. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.
Akhir-akhir ini banyak kaum remaja yang tidak bisa lepas dari telepon seluler dan ada beberapa yang melatarbelakangi peneliti untuk menulis laporan penelitian ini.
       Faktor utama yang melatarbelakangi peneliti untuk menulis laporan penelitian ini adalah :
      1. Kehidupan manusia modern yang tak bisa terlepas dari penggunaan telepon seluler. Awalnya         teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi teknologi. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan kami bahas yaitu mengetahui telepon seluler yang lebih dikenal dengan sebutan telepon seluler.
       2. Dalam kenyataan banyak kaum remaja yang menggunakan telepon seluler yang tanpa mereka ketahui bahwa telepon seluler ini mempunyai dampak negatif. Hal inilah yang menjadi dorongan bagi peneliti untuk menkaji masalah ini perlu dijelaskan dengan mengemukakan argumentasi logika dan kenyataan di lapangan paling tidak untuk mengurangi dampak negatif dan mengambil dampak positif dari penggunaan telepon seluler.

1.2 Identifikasi Masalah

      Dari latar belakang diatas maka masalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Apa saja dampak positif dan negatif daripenggunaan telepon seluler?
2. Apa pengaruh penggunaan telepon seluler bagi kehidupan?
3. Bagaimana cara menanggulangi dari dampak negatif bagi pengguna telepon seluler?

1.3 Tujuan Penelitian

      Dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini mempunyai beberapa tujuan diantaranya yaitu:
1. Menunjukkan dampak positif dan dampak negatif akibat penggunaan telepon seluler terhadap kehidupan remaja.
2. Memberikan cara agar tidak terjerumus kedalam dampak negatifnya dan hal inilah yang juga akan dideskripsikan oleh peneliti dalam Laporan Penelitian ini.

1.4 Manfaat Penelitian

      Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kita semua diantaranya yaitu:
1. Bagi Peneliti, berguna untuk memberikan wawasan peneliti tentang penulisan Laporan Penelitian.
2. Bagi siswa, agar mereka bisa menyaring atau mengidentifikasi antara yang baik dan buruk dari penggunaan telepon seluler.
3. Bagi Wali Murid, agar lebih memperhatikan dan memberi pertimbangan kepada mereka dalam memberikan sesuatu hal kepada anaknya apakah sesuatu itu bermanfaat atau tidak terutama telepon seluler.

1.5 Definisi Operasional Variabel

       Penyusunan definisi operasional variabel diperlukan untuk menjelaskan definisi dari variabel yang dipilih oleh peneliti.Definisi Operasional Variabel adalah penarikan batasan yang lebih menjelaskan ciri-ciri spesifik yang lebih subtantive dari suatu konsep tujuannya agar peneliti dapat mencapat suatu alat ukur yang sesuai dengan hakikat variabel yang sudah didefinisikan konsepnya (Acuan Normatif Penelitian.Jakarta: Al-Haramain Publishing House.Hal:36)
       Telepon Seluler : sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu disambungan dengan jaringan telepon menguunakan kabel (Nirkabel Wireless).
       Kehidupan Remaja : suatu ciri yang membedakan objek yang memiliki isyarat dan proses penopang diri (organisme hidup) dengan objek yang tidak memilikinya periode transisi dari masa awal anak anak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA


2.1 Definisi Telepon Seluler

      Apa itu telepon seluler? Telepon seluler atau telepon seluler adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu disambungan dengan jaringan telepon menguunakan kabel (Nirkabel Wireless).
      Generasi pertama sistem seluler analog yaitu AMPS (Advance Mobile Phone Service) versi dari AMPS dikenal dengan Narrowband Advance Mobile Phone Service (NAMPS) yang menggabungkan teknologi digital, sehingga system ini dapat digunakan untuk membawa tiga kali lebih besar kapasitas pada setiap panggilan versinya.pada tahun 1981 muncul NMT (Nordie Mbile Telepon System). Pada tahun 1982 munculah GSM (Global System For Mobile Communication).
       Pada tahun 1990 jaringan Amerika Utara bergabung membentuk standarisasi IS-54B dimana stadarisasi ini adalah yang pertama kali menggunakan dual mode seluler berdasarkan teknik penyebaran spectrum untuk meningkatkan kapasitas yang disebut IS-95,dengan menggunakan protokol AMPS sebagai defaultnya, akan tetapi mempunyai cara kerja SEC normal yang berbeda dengan analog seluler serta lebih canggih dibanding IS-54.
       Pada awalnya disebutkan bahwa yang menggunakan teknologi system Code Devision Multiple Access(CDMA) secara digitalakan meningkatkan kapasitas tinggi hingga 10 sampai 20 kali pada system selulerenya. Meskipun konsep tersebut mengedankan hal inilah yang menjadikan system berdasarkan CDMA manjdi metode transmisi pilihan pada pemasangan-pemasangan baru diatas sistem CDMA. Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu GSM dan CDMA tetapi sekarang ada era generasi baru telepon seluler yaitu era generasi ke-3 (3G) dimana generasi ini telah merambat ke layanan internet secara wireless. Beberapa tahun yang lalu telepon seluler hanya dimiliki oleh kalangan pembisnis yang memang benar-benar membutuhkan itu untuk kelancaran pekerjannya. Siring berjalannya waktu telepon seluler bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Karena sekarang telepon seluler dilengkapi dengan beberapa fitur yang membuat telepon seluler memiliki beberapa fungsi selain menelepon atau saling berkirim pesan singkat. Telepon seluler kini bukan lagi sekedar alat untuk berkomunikasi namun juga sebagai gaya hidup,penampilan,tren, dan prestasi.
Kini dunia telepon seluler adalah dunia untuk berkomuniksi,berbagi,mencipta, dan menghibur dengan suara,tulisan,gambar musik,dan video. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau berbagai fitur telepon seluler juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi dengan semakin berkembang teknologi.

2.2 Perkembangan Telepon Seluler dari Masa ke Masa

      Telepon seluler saat ini memang bukan barang yang mewah dan aneh bagi masyarakat indonesia industri. Industri telepon seluler begerak sangat cepat setara dengan melesatnya kecepatan suaranya. Kini semakin banyak teknologi pendukung yang terintregasi dengan produk telepon seluler. Sperti radio FM, kamera digital, dan pemutar MP3. Belum lagi ukuran telepon seluler yang berlomba untuk makin kecil dan menarik.
Pilihan operator dan jangkauan operatorpun menjadi smeakin banyak di pasaran turut memanjakan konsumen. Telepon seluler kini bukan lagi sekedar alat untuk berkomunikasi namun juga sebagai gaya hidup, penampilan, tren, dan prestasi.kini dunia telepon seluler adalah dunia untuk berkomunikasi,berbagi,mencipta, dan menghibur bikdenga suara, tulisan, gambar, nusik maupun video.
      Teknologi telepon seluler pertama kali diperkenalkan pada tahun 3April 1973. Komunitas bisnis telepon bergerak mengingatnya sebagai hari lahirnya telepon seluler. Saat ini untuk pertama kalinya pembicaraan jarak jauh dengan perangkan telepon bergerak portable dilakukan yang pertama kali mencobanya adalah Martin Cooper, General Maneger Devisi System Komunikasi Motorola. Ide telepon seluler datang dari Cooper yang bermimpi untuk membuat alat komunikasi yang fleksibel. Ia menginginkan untuk dapat keluar dari keterbatasan telepon tetap(fixed phone). Telepon seluler Mr. Cooper ini memiliki berat hampir 1 kg dengan ukuran tinggi 33 cm sebagaiteknologi baru, telepon seluler tersebut tidak langsung dijual ke masyarakat. Perlu waktu sampai 10 tahun sampai tersedia layanan komersial telepon bergerak.
Tepatnya pada tahun 1983, ketika motorola memperkenalkan DynaTAC 8000X. Inilah telepon seluler pertama yang menapat izin dari Federal Communications Commission(FCC) dan bisa dipergunakan untuk tujuan komersial. FCC adalah badan pemerintah di AS yang mengatyr semua regulasi menyangkut penyiaran (broadcasting)dan pengiriman sinyal radio atau televisi lewat gelombang udara. Telepon Seluler initersedia di pasran pada bulan April 1983. Beratnya sekitar 16 ons atau 1/5 kg. Dijual dengan harga 3.500 dolar AS atau sekitar Rp. 30-an juta.

BAB V

PENUTUP


5.1 Simpulan

      Dari pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu:

1. Dampak Telepon Seluler

o Dampak Positif
1. Mempermudah komunikasi.
2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
3. Memperluas jaringan persahabatan.

o Dampak Negatif
1. Mengganggu Perkembangan Anak ,
2. Efek radiasi
3. Rawan terhadap tindak kejahatan.
4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
5. Pemborosan

2. Pengaruh Penggunaan Telepon seluler Terhadap Kehidupan

o Kebiasaan Buruk Pemakai Telepon seluler.
Pakar terkait menunjukkan 6 kebiasaan buruk pemakaian telepon seluler yang merugikan kesehatan itu meliputi :
1. Menggantungkan telepon seluler dileher atau pinggang.
2. Menempelkan telepon seluler di telinga ketika menelepon..
3. Sinyal telepon seluler semakin lemah ketika menempel di telinga.
4. Percakapan telepon seluler terlalu lama.
5. Sembunyi di sudut tembok dan bisik-bisik menerima telepon rahasia.
6. Mondar-mandir (selalu bergerak).

o Sinyal Telepon seluler Bagi Otak
Berhati-hatilah dengan pesawat telefon seluler Anda. Emisi sinyal telefon seluler ternyata bisa merangsang bagian korteks otak yang paling dekat dengan pesawat telefon itu. Pengaruh telepon seluler pada otak dan hubungannya dengan kanker.
Hampir dua miliar orang di seluruh dunia sudah menggunakan telepon seluler. Dari jumlah tersebut lebih dari 500 juta menggunakan jenis yang memancarkan medan elektromagnetik yang dikenal sebagai GSM (Global System for Mobile Communication. Boleh dikatakan, penggunaan EMF (frekuensi elektromagnetik) dalam jangka waktu lama dan kontinu berkaitan dengan penggunaan telepon seluler dalam kehidupan sehari-hari mungkin akan memicu risiko atau bahkan manfaat bagi penderita sakit otak.
Sebenarnya, studi medis mengenai penggunaan telepon seluler dan pengaruhnya pada otak telah memberi hasil beragam. Tahun lalu para peneliti Swedia menemukan penggunaan telepon seluler dalam jangka waktu lama akan meningkatkan risiko tumor otak. Namun, studi ini dimentahkan empat operator telepon seluler Jepang yang tak menemukan bukti bahwa gelombang radio dari telepon seluler bisa membahayakan sel atau DNA.

3. Berikut adalah cara menanggulangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan telepon seluler di antaranya :
o Hindarkan ponsel dari jangkauan bagian tubuh yang sensitif,
o Pergunakan speaker atau headset,
o Mematikan ponsel ketika tidak ada jaringan sinyal,
o Lepas semua pelindung yang ada pada ponsel,
o SMS
Cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk menghidari dampak negatif telepon seluler secara berlebihan adalah dengan menggunakan komunikasi SMS.

5.2 Saran

1) Tidak perlulah seorang pelajar menggunakan telepon seluler yang memiliki fitur-fitur yang berlebihan karena dapat mengganggu konsentrasi belajar.
2) Gunakan telepon seluler seperlu mungkin (SMS atau telephone) guna menghindari dampak negatif dari penggunaan telepon seluler.
3) Manfaatkan fasilitas telepon seluler untuk kegiatan sekolah, seperti browsing, pemotretan (bila dibutuhkan).
4) Mematuhi kebijakan sekolah dimana siswa dilarang membawah telepon seluler pada saat sekolah.
5) Perlu penegasan terhadap siswa atau pelajar dalam penggunaan telepon seluler, baik dari guru maupun orang tua di rumah.

DAFTAR PUSTAKA


INTERNET
http://feelslikehome-ptk.blogspot.com/2007/07/perkembangan-telepon seluler-dan-jurnalisme.html
http://rana08.wordpress.com/2008/10/06/sejarah-dan-perkembangan-telepon seluler/
http://id.wikipedia.org/wiki/telepon seluler

No comments:

Post a Comment